January 12, 2013

Aku Sang Gadis Penabung

Dari judulnya udah ketahuan kan?
Rada culun ya hari gini masih nabung... Hehe...

Belakangan ini gue lagi gencar-gencarnya nabung, sampe ngga jajan di sekolah *miris* 
Tapi gitulah perjuangan gue, demi nabung buat masa depan gue, karena .....

My Future Is More Important Than Anything

Bener banget! Menurut gue masa depan gue itu lebih penting dari pada apapun saat ini. Gue ngga terlalu pinter dan ngga punya bakat atau kemampuan khusus maka dari itu gue mikir kalo nabung mungkin gue masih akan punya jaminan di masa depan.

Semua berawal dari gue SD kelas 4.
Dulu waktu SD gue cuman dikasih jajan 2000 *miris banget gue*. Tapi pas kelas 4, emak gue nyuruh gue ngatur keuangan gue sendiri biar mandiri dan ngga boros. Jadi mulailah! Ngga kayak anak biasanya, gue dikasih uang berbulan bukan perhari. Mulanya gua dikasih 200 ribu perbulan. Itu bukan cuma buat jajan doang. Uang itu buat jajan, beli buku, terus ongkos les, dan buat beli lain-lain. Tapi kata mama, jangan dihabisin semua harus nabung juga. Jadilah, gue nyisihin 50 ribu tiap awal bulan jadi gue cuma jajan 150 ribu per bulan waktu SD. 

Pas SMP karena harus naik angkot, akhirnya ditambahin 50 ribu, dan sekarang udah SMA jadi 300 ribu.

Ngga hanya itu, sekarang gue punya 4 tabungan yang berbeda. 
  1. Yang pertama yang udah gue sebutin di atas. Tabungan buat masa depan, 50000 sebulan. Itu buat nambahin uang kuliah gue entar. Bangga banget kan kalau bisa bayar kuliah sendiri entar.
  2. Yang kedua tabungan buat ke Korea. LOL. Pada taulah ya, gue mindit banget ama Korea. Jadi sapa tau entar bisa ada kesempetan. Jadi gue nyiapin dari sekarang. Hehe... Gue biasanya nabung di awal bulan juga sekitar 15000 - 25000 perbulan.
  3. Tabungan buat kebutuhan mendadak. Gua mau nyiapin diri, siapa tau entar gue pengen beli sesuatu yang mahal banget atau mungkin entar SOSHI unnie mau ngadain konser di Indo. Jadi gue udah prepare. Biasanya nabungnya 1000 - 2000 perhari tergantung sisa uang jajan..
Nah, gue harap ini bisa dicontoh ama yang lain. Menabung untuk masa depan itu penting. Apalagi jaman sekarang, mana ada laki-laki mau ama cewek kere. Hehe...

-S-

3 comments:

  1. anneyong hasseo chingu,,(probably dongsaeng because now I am 23 years old and working ) indah imnida! call me simply indah eonnie.. :) aku ga sengaja baca blog kamu, aku setuju bngd sm kamu yg udah mw nabung dan berpikir masa depan,, saat bnyak anak2 seumur kamu fokusnya cuma gadget sama nogkrong di kafe.
    aku juga kyk kamu,aku mw sharing pengalaman juga yah.. mudah2n kita saling menginspirasi,,hehe..

    dari aku SD,SMP,SMA.. ortu ku ga pernah ngasih uang jajan lebih buat aku bisa "eksis gaul" sm tmn2.. ortu aku dulu jg ga se sukses skrng (biarpun skrng jg ga gmna2) ,pokoknya dulu ortu aku ga bisa kasih aku uang jajan sebanyak kamu.. wktu itu uang jajan aku sama ongkos cm 8rb per hari. jd jajan 7rb, seribu ongkos metromini (dulu,thn 2007..hehe)

    namanya wktu itu aku masih SMA, aku suka iri bngd sm tmn yg bisa jajan bnyk,punya gadget yg keren, cerita pernah keluar negri dsb yg gitu2, smntara aku ga bisa..

    disini aku jd ambisius bngd aku harus bisa keluar negri! pake uang tabungan aku. dari sini,aku mulai ngirit2 ekstrim bngd.. aku pulang jalan kaki, aku bawa bekel.. aku selalu ga ikut makan klo tmn2 ngajak makan di mall, alhamdulilah mereka ngerti..
    thn 2008 aku lulus dan kuliah ngekos di bandung, aku dpt uang bulanan sebulan 1,5jt. perbulan.. karena aku masih terobsesi pengen jln2 ke luar negri,, aku bner2 ngirit pngluaran aku, aku paksa2in sebulan cm kpake 500rb buat makan,ongkos,fotokopi,bayar listrik,air,cuci baju yaah kbutuhan anak kos lah.. hehe.

    makin lama,aku jd terbiasa buat makan seadanya,masak nasi sm sayur doank 2rb,jln kaki, kurangin fotocopy dngn nyatet atau nyari buku di perpus,,trnyata selain ambisi aku,aku juga jd lbh bersyukur, bahwa bnyk orng "masih kekurangan" . aku belajar klo hidup sederhana ga berarti kita rendah, Disini aku mulai coba imbangin ambisi aku dengan puasa sunah,sedekah,qurban,zakat,sholat tahajud,duha,,disamping sholat wajib yah bener2 ngedeketin diri ke "yang di Atas" soalnya aku yakin Allah maha pemeluk mimpi.
    mindset aku buat mencapai apa yg aku mau adalah: work hard,pray hard.
    alhamdulilah thn2 ksini, 2009,10,11an aku ada ksmpatan bbrp kali ke singapura,malaysia,hongkong,macau,cina,dan bbrp tmpat di indonesia..
    makin kesini,aku rasa.. keluar negri itu bukan ssuatu yg hebat dan perlu buat dipamerin ke orng2.. biar keliatan kita itu "wah" lebih dari orng lain..aplg update2 status di twitter,di instgram gitu2..

    disini aku berkesimpulan, klo Tuhan itu bakal ngasih apa yg kita mau,klo kita udh "siap" nerimanya.. klo kita nerima "lebih" kita bisa jd orng yg lebih baik bukan malah orng yg lebih buruk attitude nya. aku jd sadar.. mungkin dulu wktu aku SMA aku ga ada kesempatan kyk sekarang krna mungkin klo aku dptny pas SMA aku bakal sok2an,ngerasa paling hebat dll.


    ReplyDelete
  2. aku lulus kuliah "sistem informasi" dngn IP 3.82. kamu jg harus tau,aku bukan orng pinter.. aku pernah ga tidur 2hr buat nyiapin UAS dan praktikum satu mata kuliah..
    awal2 lulus aku kerja jd asisten praktikum dan smpet jd freelance programmer.
    alhamdulilah skrng aku udh kerja kantoran tetap,sambil ttep malemnya aku kerja jd freelance programmer, hasilnya aku tabung buat "some bigger dream of mine". emang cape,dimarahin bos,dikejar2 deadline, tp klo tujuan kita udh jls,itu smwa terbayar ko.

    dan aku belajar bnyk dari proses itu. aku tetep nabung, tetep batesin mana kebutuhan mana keinginan..ga maksud apa2,cuma sharing aja..di usia aku yg ke 23 skrng aku punya tabungan hampir 130 jt an..dan aku punya 2 orng adik asuh yg tiap bulan aku biayain skolahnya..
    tapi aku makin nyadar, pengalaman,dan proses nya yg lebih bermanfaat,kerja keras,berdoa, batesin diri, kemauan buat terus belajar.. itu yg aku lebih rasain manfaatnya selama berusaha nabung 6 thn ini dr thn 2007. hasil itu cuma efek samping dan ga boleh djadiin tujuan utama.

    dongsaeng-ah,, keep saving yah! jangan lupa,work hard,pray hard yah! insya allah someday kamu bisa ke korea! kamu pnya uang 100jt di usia awal2 20an itu mungkin!
    tapi itu semua harus dibarengin sm kerja keras dan doa sama attitude kita, tunjukin ke Tuhan klo kita "siap" nerima rejeki "lebih" , dan kita siap buat "jemput" rejekinya.. kalau kata Lirik lagu JKT48 (since I am now both kpop and jpop fans! hehe)
    ,,"usaha keras,itu tak akan mengkhianati". kita pasti dapet apa yv kita usahain


    annyeong dongsaeng!
    keep inspiring your reader!

    ReplyDelete
    Replies
    1. anyeonghaseyo indah eonni :) salsa imnida. wah, pengalaman kaka inspiring banget! salut!

      emang bener, aku juga waktu sd suka iri banget sama temen yang bisa punya gadget keren dan suka gonta ganti. tapi makin kesininya, aku sadar kok uang itu berharga banget kalau cuma buat dihambur-hamburin. apalagi aku punya banyak mimpi, jadi daripada dihambur-hamburin mending ditabung buat masa depan.

      kaka hebat diusia segitu muda udah punya tabungan banyak dan udah bisa jalan2 keluar negri pake uang sendiri. apalagi tinggal di kota besar kyk bandung pasti biaya hidup tinggi banget tapi karena kaka punya tujuan masih bisa tetep nabung.

      aku juga skrg mulai ngebiasain puasa sunah selain bisa ngedekitin diri sama Allah dan dapat pahala, juga bisa ngehemat. Aku juga percaya tuh kalo Allah bakal ngabulin mimpi kita kalau kita mohon dan bekerja keras :)

      makasih yah udah kasih komen yang inspiring banget di blog aku :) seneng udah bisa kenal sama kaka dan bisa dapet motivasi lebih untuk ngejar mimpi aku.

      Delete